florist mantrijeron yogyakarta

Sejarah Hand Bouquet Sejak 1540 SM

Sejarah Hand Bouquet Sejak 1540 SM

Sejarah Hand Bouquet

Sejarah Hand Bouquet. Bunga buket sangat populer di masyarakat luas yang sering digunakan untuk memberi hadiah pada seseorang yang dianggap spesial. Tapi tahukah kamu, sejak kapan hand bouquet menjadi populer untuk pemberian hadiah spesial ? Yuk simak, ini dia asal muasal hand bouquet.

Berawal pada zaman mesir kuno. Sekitar tahun 1540 SM, sejarah telah mencatat bukti tertua tentang penggunaan seikat bunga dalam peradaban manusia. Bukti ini didapatkan dari sejumlah makam kuno yang juga di dalamnya terdapat banyak rangkaian bunga berwarna warni. Disamping itu, konon pada zaman mesir kuno diketahui adanya penggunaan semprotan cairan tertentu yang diduga untuk tujuan spiritual. Pada saat itu cairan tersebut digunakan oleh masyarakat Mesir Kuno untuk mengusir roh jahat dengan cara disemprotkan.

Sementara di Yunani Kuno, bunga buket sudah menjadi tradisi untuk diberikan pada kaum perempuan sebagai apresiasi atas kecantikannya. Bahkan pada momen tertentu, kaum perempuan di zaman Yunani Kuno menghiasi rambut mereka dengan mahkota bunga.

Kemudian beralih ke masa kekaisaran Roma. Pada saat itu karangan bunga dianggap sebagai kemewahan. Bunga berguna untuk menghiasi ruangan yang dianggap penting. Umumnya bunga yang digunakan adalah bunga safron dan kelopak mawar. Seiring menurunnya pengaruh kekuasaan kekaisaran Roma, tradisi kegunaan bunga juga menurun.

 

Bunga Buket Pada Abad Pertengahan

Pada abad pertengahan, yang mempertahankan pengetahuan kuno tentang bunga hanya sebagian kecil biara saja.

Abad ke-6

Memasuki abad ke 6, seni mengikat bunga pada masa itu mulai dikenal oleh Jepang, namanya Ikebana. Apabila dibanding dengan Eropa, butuh waktu 600 tahun lagi bagi orang Eropa untuk menemukan kembali buket bunga sebagai karya seni.

Abad ke-8

Pada abad ke 8, pandangan publik tentang bunga dirubah secara bertahap oleh Kaisar Charlemagne. Pada zaman itu, ia punya kesempatan mempelajari taman yang indah di Spanyol sebagai sebuah seni. Dari sana, bunga-bunga mulai dikenal sebagai simbol Ilahi. Disamping itu, Charlemagne juga mengagumi tanaman yang bisa digunakan sebagai obat.

Abad ke-15 dan 16

Lanjut ke masa abad 15 dan 16. Popularitas bunga buket tangan yang kita kenal sebagai hand bouqet mulai kembali naik di Eropa. Tepatnya pada masa Renaissance. Pada saat itu, inspirasi dan sejumlah ideologi dari masa Yunani Kuno kembali bangkit.

Seandainya kamu menikah pada masa itu, kamu akan memanfaatkan kelopak bunga segar dan tumbuhan aromatik untuk kamu gunakan. Hal itu berfungsi untuk menutupi aroma tubuh yang kurang sedap.

Pada tahun 1553, taman-taman bunga di Jerman mulai di bangun pada masa setelah jatuhnya kekuasaan kekaisaran Konstantinopel.

Sejumlah jenis bunga seperti Daffodil, Hyacinth dan Tulip didatangkan dari Eropa, pada saat setelah kekaisaran Byzantium berakhir.

Pada abad ke 18, bunga menemukan kapasitasnya yang khas. Hand Bouquet menjadi karya seni yang tidak awet, apabila dibandingkan dengan patung atau lukisan.

Bunga-bunga yang dipotong melambangkan waktu dan vitalitas yang hanya sebentar saja. Ya jelas saja, bunga yang saat ini segar dan indah lambat laun juga akan membusuk pada waktu yang tidak lama.

Ada istilah yang sangat populer dari mulai abad ke-17 sampai saat ini yaitu “Tuilp Mania”. Bagi kamu yang pernah belajar sejarah ekonomi pasti familiar dengan istilah ini.

Sejarah Hand Bouquet

Di abad ke-17, bunga tulip merupakan komoditas ekonomi. Pada saat itu bunga tulip juga sangat disukai dan banyak dicari orang untuk dikoleksi.

Di Belanda disekitar antara tahun 1632 hingga 1637, trend bunga tulip meningkat drastis. Bunga tulip menjadi heboh dan viral pada masa itu, lantaran masyarakat sangat tergila-gila dengannya. Alhasil, tentu saja nilai bunga ini pun meroket. Hal itu karena permintaan yang sangat banyak namun dengan jumlah yang terbatas.

Menurut sejarah, sebuah bunga tulip dihargai sebesar 800 gulden. Angka sebesar ini, pada saat itu setara dengan rata-rata gaji tahunan pekerja selama lima tahun. Puncak kejayaan bunga tulip ini berakhir ketika pasar komoditas runtuh di tahun 1637.

 

Abad ke-18 Hingga Saat Ini

Sejarah Hand Bouquet di kalangan aristokrat bunga menjadi sebuah mode pada abad ke-18. Bunga sering digunakan sebagai mediasi untuk komunikasi non verbal. Nah, dari sini muncul lah pandangan terhadap bunga yang hingga kini kita gunakan. Pandangan tersebut yaitu penggunaan bunga untuk mengungkapkan perasaan manusia. Kini untuk mengungkapkan perasaan cinta terhadap seseorang kamu bisa menggunakan bunga mawar ataupun bunga yang sudah dirangkai menjadi hand bouquet. Ketika ada peristiwa duka, kamu bisa menggunakan bunga papan dengan tema duka cita untuk dikirimkan.

Seiring timbulnya tren penggunaan bunga sebagai simbol, maka florist di zaman itu merangkai bunga berdasarkan pesan tersembunyi yang akan disampaikan. Pada saat itu mereka belum memperhitungkan keadaan visual seperti sekarang.

Masuk ke abad-19, kaum kelas menengah menjadikan bunga buket sebagai bagian dari gaya hidup mereka. Bahkan di bidang pelayaran, seiring perkembangan teknologinya turut mendukung hal ini.

Banyak sekali jenis bunga eksotis yang berasal dari luar eropa kemudian dikirim ke daratan Eropa. Salah satunya bunga jenis Rhododendron dan azalea yang berasal dari daratan Cina. Kemudian ada juga jenis Freesias dan Gladiola dari Afrika Selatan. Perkembangan sektor industri juga mampu menghasilkan produk vas bunga yang semakin murah pada abad ini.

Tren bunga buket di rumah kalangan menengah keatas menjadi lebih terdukung denga adanya fenomena tersebut.

Sejarah Hand Bouquet

Lalu sejak saat itu, bunga buket dikembangkan menjadi dekorasi interior rumah dengan bentuk bunga meja. Dari saat itu pula dikenal lah bunga meja hingga saat ini. Momen ini pula yang menjadi sejarah munculnya bunga meja yang cikal bakalnya berasal dari perkembangan bunga buket.

Kini, bunga buket yang disebut sebagai hand bouquet sering menjadi sarana untuk mengungkapkan perasaan terhadap seseorang yang dianggap spesial.

Bagi kamu yang memerlukan bunga buket untuk diberikan pada orang yang kamu anggap spesial, silahkan lihat pada katalog disini. Jika ingin memesan bunga, tekan icon telepon atau whatsapp di bawah ini :

          atau       

Pilih Katalog Hand Bouquet atau Pesan Sesuai Kebutuhan

Kami Melayani 24 Jam

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

085222220805